Contoh Skripsi Perancangan E-Learning berbasis Joomla

Contoh Proposal Skripsi Dengan Judul Perancangan E-Learning berbasis Joomla

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Seiring dengan perkembangan zaman dan  tenologi yang semakin pesat, kebutuhan akan suatu konsep dan mekanisme belajar mengajar berbasis teknologi menjadi tidak terelakkan lagi. Konsep yang dikenal dengan sebutan e-Learning ini membawa pengaruh terjadinya proses transformasi pendidikan konvensional ke bentuk digital, baik secara isi dan sistemnya. Saat ini konsep e- Learning sudah banyak diterima oleh masyarakat dunia, terbukti dengan maraknya implementasi e-Learning di lembaga pendidikan.

Selama ini semua proses pembelajaran di sekolah masih bersifat konvensional, dengan kata lain bahwa proses belajar mengajar antara siswa dengan guru hanya dapat dilakukan dengan syarat terjadinya pertemuan antara siswa dengan guru di dalam kelas. Jika pertemuan antara siswa dengan guru tidak terjadi maka secara otomatis proses pembelajaran pun tidak dapat dilaksanakan.


Selain itu proses transfer ilmu pengetahuan hampir sepenuhnya dilakukan di dalam kelas yang menyebabkan transfer ilmu pengetahuan bisa terlambat jika pertemuan tidak terjadi. Keadaan seperti ini sangat jelas dapat menghambat proses pembelajaran di sekolah yang dapat berakibat berkurangnya pemahaman mahasiswa terhadap suatu materi pelajaran.

Di sisi lain sekolah belum mempunyai suatu sarana untuk mengelola dan memudahkan dalam penyebaran artikel, makalah, maupun ilmu pengetahuan lain khususnya di bidang teknologi yang ditujukan untuk memberikan pendidikan gratis bagi masyarakat umum. Maka perlu dibuat suatu aplikasi e-Learning berbasis joomla yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja sehingga mendukung proses pendidikan di sekolah serta mempermudah dalam penyebaran ilmu pengetahuan kepada masyarakat umum.

E-Learning adalah sistem pendidikan yang menggunakan aplikasi elektronik untuk mendukung pengembangan kegiatan belajar mengajar dengan media internet, intranet atau media jaringan komputer lain. Dengan e-Learning memungkinkan terjadinya proses pendidikan tanpa melalui tatap muka langsung dan pengembangan ilmu pengetahuan kepada siswa bisa dilakukan dengan mudah.

Berawal dari latar belakang masalah tersebut, maka perlu dicoba untuk membuat dan menerapkan aplikasie-Learning di sekolah , dan menuliskan laporan berupa skripsi dengan judul“E-Learning berbasis Joomla “

B.    IDENTISIFIKASI MASALAH
    Berdasarkan latarbelakang masalah maka dapat diidentifikasi beberapa masalah sebagai berikut
a.    Kecendrungan proses belajar mengajar antara siswa dengan guru hanya dapat dilakukan dengan syarat terjadinya pertemuan antara siswa dengan guru di dalam kelas. Jika pertemuan antara siswa dengan guru tidak terjadi maka secara otomatis proses pembelajaran pun tidak dapat dilaksanakan.
b.    Kecendrungan proses transfer ilmu pengetahuan hampir sepenuhnya dilakukan di dalam kelas yang menyebabkan transfer ilmu pengetahuan bisa terlambat jika pertemuan tidak terjadi. Keadaan seperti ini sangat jelas dapat menghambat proses pembelajaran di sekolah yang dapat berakibat berkurangnya pemahaman siswa terhadap suatu materi pelajaran.

C.     PERUMUSAN MASALAH
Perumusun masalah dalam penelitian ini adalah
a.    Bagaimana merancang e-lerning berbasis joomla.
b.    Bagaimana cara teknologi ini membantu mempercepat  proses transfer ilmu guru kepada siswa dengan e-learning berbasis joomla,dan meningkatkan pemahaman siswa terhadap suatu materi pelajaran.
c.    Bagaimana cara teknologi ini membantu agar proses pembelajaran terlaksana tampa adanya pertemuan guru dan siswa

D.    PEMBATASAN MASALAH
a.    Dengan adanya sistem ini diharapkan  Teknologi memperbarui system yang ada.
b.    E-Learnig berbasis joomla ini dibuat menggunakan software joomla
c.    E-Learning difokuskan untuk pembelajaran pada jenjang SMA dengan jurusan IPS di bidang georgafi.
d.    E-Learning ini berisikan materi dan kuis.

E.    TUJUAN PENELITIAN
a.    Dengan adanya sistem ini diharapkan   mempercepat proses transfer ilmu,dan menigkatkan pemahaman siswa.
b.    Dengan adanya sistem ini diharapkan  Memaksimalkan pembelajaran siswa.
c.    Dengan adanya sistem ini diharapkan  Menarik perhatian siswa untuk belajar.

F.    MANFAAT PENELITIAN
a.    Bagi Siswa
1.    Dengan adanya sistem ini diharapkan  menigkatkan pemahaman siswa pada materi yang telah diberikan oleh guru.
2.    Dengan adanya sistem ini diharapkan  menarik perhatian siswa untuk belajar.
b.    Bagi Peneliti
1.    Manfaat penelitian ini bagi penulis yaitu, untuk mengembangkan diri atau melakukan penelitian sebagai syarat untuk S1.
2.    Untuk dapat mengaplikasikan dan memanfaatkan ilmu yang telah diperoleh diperkuliahan