Inilah Tujuan Pengelolaan Kelas

Inilah Tujuan Pengelolaan Kelas terutama buat calon guru yang masih belajar menjadi seorang Guru. Dan Inilah Tujuan Pengelolaan Kelas ini merupakan lanjutan dari postingan sebelumnya.

Tujuan pengelolaan kelas pada hakikatnya telah terkandung dalam tujuan pendidikan. Secara umum tujuan pengelolaan kelas adalah untuk menyediakan fasilitas belajar bagi bermacam-macam kegiatan belajar siswa dalam lingkungan sosial, emosional, dan intelektual dalam kelas.

Suharsimi Arikunto berpendapat bahwa tujuan pengelolaan kelas adalah agar setiap anak di kelas dapat bekerja dengan tertib sehingga segera tercapai tujuan pengajaran secara efektif dan efesien. Menurutnya , sebagai indikator dari sebuah kelas yang tertib adalah apabila:

1.    Setiap anak terus bekerja, tidak macet, artinya tidak ada anak yang berhenti karena tidak tahu ada tugas yang dilakukan atau tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan kepadanya.

2.    Setiap anak terus melakukan pekerjaan tanpa membuang waktu, artinya setiap anak akan bekerja secepatnya supaya lekas menyelesaikan tugas yang diberikan kepadanya.
Berdasarkan tujuan umum tersebut kami perinci lebih lanjut dalam bentuk yang sifatnya lebih khusus, maka tujuan pengelolaan kelas diantaranya :
a.    Menyediakan kondisi yang memungkinkan para siswa bekerja dan belajar.
b.    Menciptakan suasana sosial tempat setiap individu dapat memperoleh kepuasan di dalam kehidupan kelompok (kelas).
c.    Memelihara kondisi-kondisi yang menjamin adanya kelakuan yang baik dikalangan siswa.
d.    Mengembangkan kemampuan untuk menggunakan alat-alat belajar.
e.    Membantu pertumbuhan dan perkembangan setiap siswa secara optimal dalam segi intelektual sesuai dengan potensi yang dimiliki.
f.    Membantu setiap siswa untuk mencapai kematangan emosional.
g.    Membina moral setiap siswa.
h.    Membantu setiap siswa dalam mencapai hasil yang diharapkan secara maksimal seperti minat, motivasi dan sikap.