2. Keterampilan Menjelaskan
Dalam kaitan dengan kegiatan belajar mengajar- mengajar, keratampilan menjelaskan adalah mengorganisasikan materi pelajaran dalam tata urutan yang terencana secara sistematis, sehingga dengan mudah dapat dipahami oleh siswa.
Keterampilan dalam menjelaskan materi atau bahan ajar pada proses pembelajaran sangat dibutuhkan oleh seorang pendidik (guru), karena betapapun pandainya seorang guru dalam menguasai suatu materi, akan sia-sia saja apabila ia kurang atau tidak mampu menguasai keterampilan menjelaskan bahan pelajaran yang dikuasainya.
Tujuan dari menjelaskan adalah:
a. Membimbing siswa memahami berbagai konsep, hukum, prinsip atau prosedur.
b. Membimbing siswa menjawab pertanyaan mengapa secara bernalar
c. Melibatkan siswa untuk berpikir
d. Mendorong murid menghayati berbagai proses penalaran.
Terdapat beberapa prinsip yang harus diperhatikan guru dalam memberikan suatu penjelasan, yaitu:
a. Penjelasan dapat diberikan pada awal, tengah, ataupun akhir pelajaran sesuai dengan keperluan.
b. Penjelasan harus relevan dengan tujuan.
c. Materi yang dijelaskan harus bermakna
d. Penjelasan yang diberikan sesuai degan kemampuan dan latar belakang siswa.
Dalam kaitan dengan kegiatan belajar mengajar- mengajar, keratampilan menjelaskan adalah mengorganisasikan materi pelajaran dalam tata urutan yang terencana secara sistematis, sehingga dengan mudah dapat dipahami oleh siswa.
Keterampilan dalam menjelaskan materi atau bahan ajar pada proses pembelajaran sangat dibutuhkan oleh seorang pendidik (guru), karena betapapun pandainya seorang guru dalam menguasai suatu materi, akan sia-sia saja apabila ia kurang atau tidak mampu menguasai keterampilan menjelaskan bahan pelajaran yang dikuasainya.
Tujuan dari menjelaskan adalah:
a. Membimbing siswa memahami berbagai konsep, hukum, prinsip atau prosedur.
b. Membimbing siswa menjawab pertanyaan mengapa secara bernalar
c. Melibatkan siswa untuk berpikir
d. Mendorong murid menghayati berbagai proses penalaran.
Terdapat beberapa prinsip yang harus diperhatikan guru dalam memberikan suatu penjelasan, yaitu:
a. Penjelasan dapat diberikan pada awal, tengah, ataupun akhir pelajaran sesuai dengan keperluan.
b. Penjelasan harus relevan dengan tujuan.
c. Materi yang dijelaskan harus bermakna
d. Penjelasan yang diberikan sesuai degan kemampuan dan latar belakang siswa.