Balimau - Sebuah Tradisi Turun Temurun

Dalam menyambut bulan puasa atau bulan Ramadhan di sumatera barat tidak lepas dari yang namanya balimau. Ya Balimau - Sebuah Tradisi Turun Temurun dari dulu hingga sekarang masih banyak diselenggarakan oleh sebagian masyarakat minang "Sumatera Barat".

Dilihat dari esensinya, sebenarnya baliman adalah sebuah prosesi mensucikan diri baik itu hati, badan dari segala noda yang menempel. Salah satu caranya yaitu dengan mandi menggunakan bunga - bunga yang harum untuk lebih segar. Namun seiring dengan berjalannya waktu prosesi balimau ini hanya sebatas pergi mandi-mandi mensucikan badan saja. Bahkan banyak terjadi kesalah pahaman tentang acara balimau ini.

Bisa kita bayangkan, bagaimana mungkin disebuah tempat permandian umum yang niat awalnya untuk mensucikan hati dan badan disana bercampur saja laki-laki dan perempuan. Yang lebih mirisnya lagi ada muda-mudi yang pasangan pergi balimau bareng.. ini  tentu sudah salah kaprah dan jauh dari esensi awal balimau yang dari dulu sudah dikenal di Minang Kabau.

Semoga ini bisa menjadi tanggung jawab kita bersama.. bagaimana kedepannya Acara Balimau ini bisa kembali kepada hakikat awalnya.