Definisi Sistem Menurut Beberapa Ahli

Informasi yang disajikan dalam sebuah organisasi sangat tergantung pada sistem yang diterapkan pada organisasi tersebut. Disamping itu sistem yang baik akan mendukung terciptanya internal kontrol yang baik pula dan memberikan informasi keuangan yang cepat, tepat dan dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.
Sistem merupakan sarana yang sangat penting dan bermamfaat bagi perusahaan, karena sistem dapat merupakan informasi kepada manajemen perusaan perusaan agar dapat mengalokasikan berbagai sumber daya perusaan secara efektif dan efisien.

Definisi sistem menurut Bodnar dan Hopwood ( 2006 : 1 ) bahwa “Sisitem adalah kumpulan sumber daya yang berhubungan untuk mencapaitujuan tertentu”.

Kristanto (2005:5) mendefinisikan Sisitem sebagai jaringan kerja dari prosedur - prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau menyelesaikan suatu sasaran tertentu.

Menurut Mulyadi (2008 : 5) dalam bukunya menyatakan bahwa “Sistem adalah suatu jaringan prosedur yang dibuat menurut pola yang terpadu untuk melaksanakan kegiatan pokok perusahaan”

Sedangkan pengertian Sistem menurut Jogiyanto (2005:13) adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama - sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran tertentu.

Menurut Jogianto (2005:13) dengan bukunya yang berjudul Analisis dan Desain Sistem Informasi menerangkan “sistem adalah sekumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai satu tujuan tertentu.”

Menurut Riahi Ahmed (2005:7), pengertian sistem adalah "Sistem merupakan suatu cara tertentu dan bersifat repetitive untuk melaksanakan suatu atau kelompok aktivitas".

Romney dan Steinbart (2006:2) menyatakan bahwa pengertian sistem adalah "Sistem adalah rangkaian dari dua atau Iebih komponen-komponen yang saling berhubungan, yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan".

Menurut Sutabri (2007 : 29) yang menyatakan bahwa: “sistem adalah sekumpulan / group dari sub sistem / bagian / komponen apapun baik fisik yang saling berhubungan satu sama lain dan bekerja sama secara harmonis untuk mencapai satu tujuan tertentu”

Dari pengertian di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa sistem adalah sekelompok unsur yang saling berhubungan erat satu dengan yang lainya untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan.